Tuesday, January 1, 2008

Trip To Malang & Bromo_end of 2007

Trip to Malang & Bromo
Rita + Berti
30 Dec 2007 – 1 Jan 2008

30 Dec 2007

Day 1: Jalan-jalan seputar Kota Malang

Dari Jkt naik Mandala jam 06.30 (Rp192rb). On time J...

Nyampe di Malang, kita blm bisa check in ke hotel, jadinya kita nitip barang trus jalan-jalan. Tujuan pertama ke Taman Senaputra di Jl Belakang Rumah Sakit. Pengennya sih ngeliat pertunjukan tari di sana. Tapi ko kayanya yg nari anak-anak kecil gitu.. Akhirnya lanjut jalan-jalan aja.. Ngelewatin pasar burung n pasar bunga di Jl Brawijaya. Di sini kita istirahat bentar sembari minum es dawet. Hehee.. Trus jalan lagi ke Tugu. Poto-poto dooong.. Jalan lagi.. mampir ke Sunrise Holiday, Tour & Travel Service, pengen nanya-nanya sewa mobil buat bsk. Ktemu ama yg namanya Mas Gufi. Baik bangeeeet.. niat gitu deeeh nerangin pilihan tempat-tempat wisata ke kita. Ampe anaknya yg manggil-manggil dia pun dicuekin. Hehee.. Hmm.. Stlh memperoleh info yg amat sgt memadai, kita pergi ke Toko Oen (lapeeer..). Trus moto-moto gereja yg ada di sebrang nya Toko Oen. Abis itu jalan ke alun-alun kota. Moto-moto Gereja Katolik n Mesjid Jami’.





Tujuan selanjutnya adalah Candi Badut. Yg ini kayanya letaknya di pinggiran kota. Stlh si Berti bertanya kesana kemari dg bhs jawanya yg fasih (??), akhirnya kita naek angkot LG ampe Jl Galunggung, trus nyambung angkot MK ampe di depannya Candi Badut. Selese poto-poto ampe puas, kita balik lagi deh ke Sunrise Holiday, confirm utk sewa mobil bsk seharian. Keluar dr Sunrise, ko tiba-tiba ujan?? Hmm.. biarpun badai menghadang, acara jalan-jalan ga blh rusak. So, kita menghadang beca’ (berlebihan ya?), & menuju ke Simpang Wilis, tmp jual buku-buku bekas (& buku baru juga). Gw dpt Layar Terkembang nya STA. Penasaran aja sih, kaya apa siy buku yg sering diomongin pas pelajaran bhs indonesia di sekolah dulu. Hehee.. kita liat aja nanti dibaca apa ga.. Kelar liat-liat buku, msh tetep ujan. balik ke hotel deh, dr tadi kan blm check in! ... kenalan ama yg namanya Pak Agus. Menurut gw sih orgnya cool, tau d aslinya kaya gimana. Oiya, kita nginepnya di Hotel Helios, ’a recommended hotel by lonely planet guide book’ (di spanduknya ditulis kaya gitu..). Dan emang bener siiih, kan kita juga tau tuh hotel dr Lonely Planet...

Malem makan di Ayam Goreng Remaja. Baliknya sempet dikerjain ama abang beca’. Pertama dia maunya 10rb tp kita tawar jadi 8rb. Mgkn kesel kali ya dia, jadinya kita dibawa muter-muter d. Si abangnya pura-pura kaga tau jln. Gw bingung, kan kalo dia sengaja muter-muterin kita, dia juga yg cape nge goes tu beca’.... Abang beca’ yg aneh. Kesimpulan gw sih dia mencoba membuat kita panik, soalnya itu udah malem juga. Tapi apa gunanya ya buat kita panik? Emang kalo kita panik, kita bakalan ngasih duit lebih banyak ke dia? Sekali lagi.. abang beca’ yg aneh..

31 Dec 2007

Day 2: Jalan-jalan ke Batu, Candi Singosari, Candi Sumberawan

Dijemput di hotel jam 8. yg nganterin kita namanya Pak Jaeni. Bpk ini bisa bhs Belanda, Perancis, Inggris, Indonesia, Jawa dan sedikit Sunda.

Oiya, sewa mobil beserta supir (yg alhamdulillah adalah seorang guide profesional juga), harganya Rp400rb, jam 8 ampe 16, incl bensin.


Kita ke Batu dulu. Tujuan pertama: tmp pembuatan tahu. Proses pembuatan tahu (ini kalo ga salah loh ya... abis si berti sibuk mewawancarai mas-mas pembuat tahu dg bhs Jawa.. ya mana gw ngertiii...), pertama kedelainya dibersihin dulu, trus diancurin dg menggunakan suatu alat, trus direbus, jadi putih-putih gitu d, trus dicetak kotak-kotak gede & dibiarkan selama 10 menit, trus hasilnya dicemplungin ke aer.. abis itu, ya digoreng. Kt org-org, kalo abis liat proses pembuatan tahu, jadi aga males makan tahu. Tp kayanya ga ngaruh ke gw... heheee..

Abis dr tmp pembuatan tahu (& stlh puas berpoto-poto di sana), kita ke air terjun Coban Rondo. Menurut gw sama aja ama Tawangmangu...





Slesai di Coban Rondo, kita ke Kampung Bunga. Huaaaa… udara di sini seger bangeeeeet... Sesegar warna-warni bunga di sana (apa seeeh??). pokoknya gw berusaha utk menghirup udara sebanyak-banyaknya (??). Seger bgt dah pokoknya.

Makan siang di Warung Khas Jawa Timur. Abis makan lanjut ke Candi Singosari. Poto-poto lagi. Mulai gerimis.. lanjut ke Candi Sumberawan, letaknya 5km dr Candi Singosari. Dari jalan gedenya, msh hrs jln 400m lagi, ngelewatin sawah. Di sepanjang perjalanan, beberapa kali kita ngelewatin org yg lagi mandi, mulai dr anak kecil, ampe seorang pria dewasa!! Hihihiii… oiya, nyampe di candi, yg ada gw dinyamukin. Tercatat ada 5 buah benjolan di betis gw gara-gara nyamuk-nyamuk centil itu.

Malemnya ujaaan... Stlh mendapatkan penjelasan dr Pak Agus (dia kaya guru geografi lagi nerangin pelajaran, abis sembari nunjuk-nunjuk peta yg terpampang di dinding) tentang Bromo, kita cari makan di tmp terdekat, sate ayam..

1 Jan 2008

Day 3: Menanti sunrise yg tak kunjung tiba

Happy New Year!! Kita bangun tepat jam 12 malem, siap-siap, trus brangkat ke Bromo jam 1. kali ini kita dianter ama Pak Samsul (orgnya jail, suka asal kalo ngejawabin pertanyaan kita). Si Pak Jaeni ikut juga, tp di mobil laen nganterin 2 turis dr Belande.

(Sewa mobil beserta supir n bensin ke Bromo: Rp450rb)

Sepanjang perjalanan, tidur.. ternyata nyampe ke Penanjakan makan waktu 2,5 jam lebih.
Pake jaket, pake topi kupluk, pake sarung tgn, pake syal. Turun d kita di Penanjakan. Idealnya, pd hari yg cerah, kita bisa ngeliat sunrise dr sini, & bisa ngambil poto layaknya di postcard-postcard yg banyak beredar.

Tapiii... setelah kita menanti dan menanti dan... sekali lagi menanti... sunrise itu tak kunjung tiba.. sebenernya tiba sih, tp tanpa menampakkan diri ke kita. Heheee.. gagal deh acara ngeliat sunrise spektakuler itu.. yaa... namanya juga lagi musim ujan... kabut dimana-manaaa...

Tapi, kami tdk berkecil hati, tetap semangat menuju bromo. Naik mobil lagi ke tmp parkir di lautan pasir. Trus trus.. kita jalan kaki menuju ke bromo melewati lautan pasir hitam. Sempet ragu juga mau naek kuda ato jalan. Soalnya, kt org-org, kalo jln kaki bisa 1 jam. Abis itu kudu naek tangga lagi. Tp kita mutusin utk jln kaki aja, biar bisa puas poto-poto. Lagian, apa kt org nanti kalo kita pake acara naek kuda, padahal dr bawah juga udah keliatan tmp tujuannya.. heheee...











Berjalanlah kita.. Berfoto-foto lah kita.. Ternyata dr tmp parkir ke deket tangga itu cuman setengah jam, padahal kita jalannya nyante aja. Trus abis itu kita naek tangga (pas turunnya kita itung ada 248 anak tangga). Dr atas bisa liat kawahnya bromo. Sempet terbatuk-batuk menghisap bau belerang yg terbawa angin.
Hmm... gw ga bisa bilang Bromo itu indah sih. Cuman aga amazed aja ko bisa bentuknya kaya gitu... dari pasir hitamnya, ama gunungnya.. hmm... yg pasti sih, someday kudu balik lagi ke Gunung Penanjakan. Kan mau mengejar sunrise! Hehee...

Abis dari Bromo, maem siang, balik hotel, ke bandara, trus balik ke Jakarta deeeh.. Pulang naek Sriwijaya Rp768rb, jam 14.55.

Overall, seru doong trip kali ini. 3 hari kayanya udah pas banget. Mulai dr acara jalan kaki keliling kota, menghirup segarnya udara di batu, ampe menginjakkan kaki di the amazing mount bromo. Heheee..

Okaaay, nantikan trip selanjutnya yaaaa...

Favorite Moment: menghirup udara segar di Kampung Bunga di Batu
Favorite View: Bromo & sepanjang perjalanan pulang dr Bromo

Rita’s best friend:
- ANTIMO anak rasa jeruk
- Lonely Planet Indonesia


1 comment:

riri83ster said...

I will wait for your next trip & yang pasti cerita2 nya ta...