Wednesday, December 26, 2012

Kecewa ama Kakaban Trip

Trip Maratua 22 - 25 Dec 2012

Semakin sering arrange trip sendiri, jadi semakin mikir seribu kali klo mo ikutan trip pake EO. Soalnya kitanya jadi makin kritis dan makin demanding.

Knp gw kali ini menyerah utk ikutan trip pake EO? Krn masalah waktu, krn EO ini di recommend ama temen, dan krn si EO ini (kakaban trip) udah sering banget arrange trip ke derawan. So, I set my expectation high (which is a big big mistake on my side).

Kecewa. Banget. Karena cara kakaban trip mengatur trip ini sangat jauh di bawah ekspektasi gw. Dimulai dengan masalah kapal yg 1 mesinnya rusak (kapalnya punya 4 mesin). Awalnya, peserta dibikin nunggu di bis tanpa dijelasin ada masalah apa sebenernya. Pas gw proaktif nelp ke panitia,  dibilang kapalnya udah ada, lagi nunggu loading. Padahal sebenernya mesinnya rusak satu. (ini jawaban asal yang gw sangat ga suka).

4 jam kemudian, kapal siap digunakan. Gw ama 2 temen gw hampir ketinggalan kapal, karena panitia ga ngitungin peserta yg udah masuk kapal ada berapa org. Gw ama tmn gw berkali2 nelponin panitia, ga ada yg ngangkat. Sampe akhirnya ada 1 org yg ngangkat. Dan baru nyadarlah mereka kalo ada 3 org blm masuk kapal (total peserta sekitar 49 org). Dan parahnya lagi, tas gw ama temen gw ditinggal di ruang tunggu pelabuhan, ga ikutan diangkut ke kapal. Untung kita inisiatif ngecek sendiri.

Kapal brangkat jam 3 sore. Cuaca lagi jelek. Perjalanan standar katanya 3 jam (dari tarakan ke maratua). Sepanjang perjalanan ombaknya gede banget, banyak banget orang di kapal pada muntah. mesin yang dibetulin seadanya pun rusak lagi. Akhirnya cuman jalan pake 3 mesin. Karena udah malem dan ombak yg gede banget, akhirnya ga jadi langsung ke maratua. Nginep di derawan. Perjalanan dari tarakan ke derawan? 5 jam saja.

Malemnya, pas ditanya kenapa ga cari alternatif kapal lain, panitia nya jawab katanya dia udah usaha, tp semua kapal udah dicharter, krn lagi natalan. (besokannya sembari ngobrol ama kapten kapal, gw tanya deh ttg masalah kapal itu. Kapten kapalnya bilang, banyak ko’ kapal available, yg banyak dicharter itu kalo pas tahun baru. Pas hari terakhir pun, sembari ngobrol ama penduduk lokal yang ikut nebeng di kapal, gw dpt info kalo semua kapal dicharter memang pas tahun baru, bukan pas natal. Entah cerita siapa yang bener). Oiya, mau tau kalimat penutup dari sang panitia ttg mesin yg rusak? (btw, kapal ini bakalan dipake terus selama 4 hari). Panitianya bilang gini: ‘’yaa, besok kita berdoa aja supaya mesinnya ga rusak lagi.’’ Dan gw pun berteriak dalam hati: “ASTAGAAAAA...’’

Masih tentang kapal. Pas perjalanan pulang dari maratua ke tarakan, tiba-tiba kapalnya berenti. Dan ada pengumuman klo bahan bakarnya habis! Wakaka.. gw bener2 tepok jidat. Panitianya nyalahin ABK dan kapten kapal yg ga ngasih tau sebelumnya. Iya siiiih, gw tau si awak2 kapal itu juga salah krn ga ngasih tau panitia. Tapiiiiii, bukankah panitia yang harusnya cek dan cek lagi dan cek lagi untuk mastiin semua udah ok???!!! Enteng banget lagi nyalahin orang. Klo org yg udah sering jalan2 pasti taulaah, ga semua org itu bisa diandelin. Kitanya yg harus bawel dan ngecek semua. Udah gitu, panitianya ga sigap gitu deh utk hubungin siapapun itu utk bantu bawain bahan bakar ato utk tuker kapal. Iya, dia ga dpt sinyal. Tp masa tmn gw ampe hrs ngasih tau utk nyuruh semua awak kapal coba sms dan coba telp. Masa tmn gw hrs ngasih tau ke panitia, utk ngasih tau koordinat lokasi kapal ke org yg mau dtg jemput. Hadooh. Sekali lagi tepok jidat.
Dan perjalanan pulang pun memakan waktu 6 jam.

Masih ada beberapa hal lain sih yg bikin gw kecewa. Tapi mnurut gw yang parah ya yg gw ceritain ini.

Mnurut gw, EO itu diuji kehandalannya ketika ada masalah yang timbul. Gimana cara dia nyari alternatif utk mecahin masalah itu secepat mungkin dgn tetap mikirin kenyamanan pesertanya. Gw mau bayar EO ya untuk itu, untuk mikir dan bertindak cepat dan sigap.

Ini murni pendapat gw pribadi ya. Jadi, kalo ada yg berpendapat semua ini masih acceptable ya silakan. Kalo masih semangat ikut tripnya si kakaban trip ini pun silakan.

11 comments:

SiapaSayaSiapaAnda said...

hhhmmm...

mangkaL singapura aja yux.
jajan eskrim.
hahaha
:p

rita said...

hhhmmm...

boleh juga..
hihii..

Ervita said...

Hi rit, baru nyadar ini blogmu. Nama EO nya apa ? soalnya blom pernah ke Derawan nih..

rita said...

Hi mba vita. Iya nih, blognya pindahan ke sini. Nama EO nya: kakaban trip.

Boingdoing said...

boleh share pengalaman lainnya saat menggunakan jasa kakaban? bagaiamana pelayanan mereka, diluar kasus mesin boat yg bermasalah?
saya berencana menggunakan jasa kakaban trip u/ ke derawan mei ini

rita said...

pelayanan lainnya ga ada masalah. standard aja sih : )

Sapi Lucu said...

Pengalaman yang mirip pernah saya alami jg dgn EO yg sama. Near death experience banget: http://www.travelingcow.com/2011/04/kesan-mendalam-dari-perjalanan-derawan.html?m=0

rita said...

wah, aku baru sempet baca blognya. gila ya, 10 jam...

Ndienndien said...

im sorry u had a bad experience with this trip. Kemarin pas baca blog sis sempet ragu mau pake kakaban trip, tapi waktu itu udah keburu lunas. Jadi bismillah aja,,hehee

Turns out,alhamdulilah i had a great time with kakaban trip, mungkin mreka banyak memperbaiki diri selang beberapa tahun ini. Saya justru bener2 puas dengan keprofesionalan jasa mreka,,,

better luck next time ya sis,,

Ohya kalo penasaran mengenai trip saya kemarin pakai kakaban trip,,dont hesitate to check my blog,,
http://andienprintyasari.blogspot.com/2014/11/heaven-on-east-borneo-maratua-day-1.html

thanks before :)

rita said...

halo, thx sharingnya yaa.. alhamdulillah kalo mereka udah lebih bagus sekarang :)

travel surabaya malang said...

travel surabaya bojonegoro
travel surabaya malang ok mantab