Friday, March 19, 2010

Travel Journal: ''A Trip to The Amazing Mollucas''

13-16 March 2010
A trip to the great east.. the original spice islands.. the mollucas : )

Day 1, 13

Naik batavia dr jkt jam 00.50. Destination: Pulau Ambon. Nyampe jam 06.10. Dijemput temen. Mampir makan pagi dulu di kota, trus mnuju ke pantai pintu kota, abis itu ke namalatu, dan latuhalat. And then makan siang. Kita langsung nyobain aneka makanan khas ambon spt kohu kohu ikan asar, colo colo, ikan kuah kuning, kelapa sisih, dan tentu aja, the famous papeda. Must try nih! Hehee..

Abis makan siang, kembali ke airport. 15.25 terbang ke Kepulauan Kei. Perjalanan 1 jam 20 menit aja. Pake wings air kapasitas sekitar 60 seat.


Hmm.. akhirnya nyampe juga di Kei. Langsung dijemput pake angkot. Setelah melewati jalan kecil yang sepertinya tidak pernah berakhir, nyampe juga kita di pasir panjang. Pas sunset, 6.15. hmm.. pantainya indah bangeettt... pasir putih di mana-mana.. pasir putih yg haluuuss.. amazing : )


Abis moto2 sunset, mandi2, makan, trus ngintip ke pinggir pantai lagi.. bintangnya banyak bangeeettt.. bagus banget.. indahnyaaa...

Dan malam itu, kami memutuskan untuk tidur2an di pantai sambil menatap bintang-bintang.. hahaa..
Awalnya berlima.. trus yang 2 gugur.. tinggal 3.. dengan beralaskan tikar dan berselimut sarung (kayanya gw doang sih yang sarungan), kami pun tertidur di pantai.. dan malam itu angin sedang berbaik hati.. dia tau, ada 3 anak manusia yang ga pernah liat bintang di jakarta.. haha.. kami tertidur lelap sampai akhirnya matahari pagi mengintip utk membangunkan...

Day 2, 14

Time to explore this beautiful island! Semalem sempet ngobrol2, dan kenalan ama pak jerry yg hari ini akan menjadi guide kami.

Kami awali pagi dengan menyusuri pantai pasir panjang (dalam bahasa sana, disebutnya pantai Ngur Bloat).
Susur pantai.. gilaaa, pantai ini keren banget. Stlh nyampe jakarta, gw baru nyadar kalo pantai ini memang bagusan diliat pake mata daripada pake kamera. So, i have to keep the image of the beach in my mind, and in my heart, coz it’s soooooo damn beautiful : )


Susur pantai.. ngeliatin penduduk setempat dgn kegiatannya masing-masing.. poto-poto-poto..

Breakfast. pisang goreng, roti dan ubi. Pisang gorengya enak banget. Pake tepung singkong katanya, mereka nyebutnya embal (atau enbal?).

Setelah kenyang, waktunya kita berangkat!! Pake 4 motor. Gw dibonceng pak jerry. Nia dibonceng pemuda kei 1, ahau dibonceng pemuda kei 2, heny dibonceng yadhi.



First stop, ohoidertawun. Awalnya rencana mo nginep di sini. Tp alhamdulillah akhirnya nginep di pasir panjang. sebenernya ohoidertawun juga keren banget. Tp utk nginep2 n susur pantai, tempatnya ya di pasir panjang.

Dari Ohoidertawun, ke bukit masbait, trus ke pantai diffur di tual. Many pit stops along the way. Makan, poto-poto, beli-beli snack : )

Dr semua tempat yg dikunjungin, memang yg paling cihuy ya pasir panjang. belum puas nih nikmatin pasir panjang. karena cuman sehari penuh di kei, jadi terpaksa harus ngebagi pasir panjang dengan spot2 yg lain.

Sore, kembali mnuju pasir panjang. Mulai mendung.. dan bener aja, belom nyampe ke penginapan, tiba-tiba ujan turun deres banget. Dan berhubung itu adalah endless road yang ga ada tmp berteduh sama sekali, pak jerry inisiatif ngebalap angkot biar kita naik angkot. Naiklah gw, ahau, heny ama nia (yadhi hrs keujanan krn dia bawa motor), ke dlm angkot dgn musik yang disetel ampe pol! Huehehee.. trus kita ditinggal ama pak jerry n the gank.

Endless road.. hmm.. udah mo nyampe.. kita diturunin pas di dpn penginapan ga ya, ga keliatan nih dr dalam angkot. Trus tiba2 angkotnya berenti. Krn kita pikir ga diturunin di depan penginapan, akhirnya kita turun aja, ga pake bayar. Ujan2an deh.. kami jalan mnuju penginapan terdekat. Semua penginapan terlihat sama. Heny jalan di dpn. Dia berenti di 1 penginapan. Mnurut dia itu penginapan kita. Tp mnurut ahau, dan gw, itu bukan penginapan kita, soalnya ada tmp duduk dan payung di dpn, yg td pagi ga ada di sana. Stlh berdebat bentar, akhirnya kita lanjut jalan lagi. Ujan2an. Jalan aga jauh, ko ga ktemu2 penginapannya. Pas gw nengok belakang, ada pemuda kei 1 nunjuk2 dr jauh. Dan berhubung gw aga dodol, gw ga ngerti maksud dia apa. Trus dia nyamperin pake motor dan ngasih tau kalo penginapannya udah kelewatan. Balik kanan deh kita, ujan2 an lagi.

And u know what, ternyata tmp yg diberentiin heny pas pertama itu memang bener penginapan kita. Dan ibu-ibu pemilik penginapan (ibu evi) udah teriak-teriak nanya mo ke mana.. dan bingung setengah mati ama kelakuan kita. Wakakakaaa... sia-sia sudah semua perjuangan pak jerry biar kita ga basah.. hihii...

Anyway, berhubung ujan, malam itu gagal tuk tidur di pinggir pantai.

Day 3, 15

05.50 psawat kembali mnuju ambon. Tp yg balik ke ambon cuman rita, ahau dan nia. Yadhi n heny stayed for another day.


Di ambon dijemput ama pak sami. Hari ini beliau yang akan anter kita. Bapak ini preman banget. Top abis dah!


Pantai liang (one colorful and glittery beach). Pantai natsepa. Rujak natsepa. Liat belut di waai. Pelabuhan tulehu. Makan siang. Pemandian air panas atuasa. Makan duren. War cemetery at tantui. Petak 10. Gong perdamaian. Lapangan bola. Monumen martha tiahahu. Dinner at cafe panorama.

Day 4, 16



Ke daerah Leihitu. Mampir ke benteng amsterdam dan mesjid wapauwe. Trus mampir beli oleh2 di sebrang bandara.
Hmm.. gw puas banget ama trip yang satu ini. Puas n bangga bisa mewujudkan ke kepulauan kei. Berawal dari lonely planet.. trus ngecekin harga wings air tiap hari. Alhamdulillah nyampe juga di kei. Dan alhamdulillah semuanya berjalan lancar.. berasa sih, ada kebetulan-kebetulan yang menyenangkan : )

Puas bangeeettt.. mungkin karena ga pake EO kali yaaa... allowing us to be fully flexible and totally creative! puaaaassss!!! Maluku memang muantabh!

for the travel info, please go to this link:
http://ritaaza.blogspot.com/2010/04/travel-info-ambon-seram-kei.html




15 comments:

ritasan said...

bang ijal, aku mo ke tanjung puting awal april ini. ikut yuks? : )

tarakdungdes said...

:9

ijaltibandung said...

ga ngajakin

ritasan said...

thx lusi :D

lusizhao said...

Like this :)

ritasan said...

udah pernah beberapa kali siy.. tapi entah kenapa, yg ini puas banget.. mungkin karena jauh banget kali ya.. kalo liat di peta, atasnya kepulauan kei itu udah papua.. hehee...papeda ga ada rasanya.. lembek, tp tetep aja susah ditelen.. :Ppoto komplit akan segera muncul.. di FB ama di MP beda :Deh, elo pada mo ke ambon ya? pas sail banda itu?

bk1717cb said...

ptama kali trip tanpa EO ya ?? :Papa rasanya papeda ?ditunggu neh foto2 komplitnya...

ritasan said...

psawat jkt-ambon pake batavia 1.644.000 ppambon - kei pake wings air 1.000.000 pptotal patungan di sana 4 hari 3 malem 1.050.000harus ke sana. indah banget : )

ervita said...

abis berapa semuanya? kapan ya gw bisa kesini...

tinikawai said...

Wkakakakakakkak Akhirnya Nia ikut tuh,,,,,xixixiix,,,,,,mupeng mau ikuttttttssssss...Next time gue gabung deh Rit :)

ritasan said...

iya... setelah hampir ga jadi.. hehee..ya ya.. next time harus gabung! : )

ritasan said...

mas indra, ga jauh ko :Paku kemaren 4 hari juga udah lumayan.. malah sempet terbang ke pulau lain : )

jalanjalanhemat said...

Ambon ? jauuuh...hehe..tapi mantap lo, apalagi kalo dapat libuur panjang (ngarep)

ritasan said...

vanorell said: mantab liputannya berasa ikutan juga trip nya...:) laik dis sangath....:)
tengkyuu : )))untuk poto2 lengkap maluku, bisa liat di sini:http://ritasan.multiply.com/tag/malukuthx for visiting my site yaa :D

vanorell said...

mantab liputannya berasa ikutan juga trip nya...:) laik dis sangath....:)